Tips Ikut Midnite Sale..

Hai semuanya..Akhir-akhir ini banyak sekali pusat perbelanjaan yang mengadakan midnite / late night sale. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, banyak hal yang mungkin membantu kita untuk menjadi pembelanja yang lebih ‘tangguh’. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan :

  • Cek tanggal berlangsungnya midnite sale dan jam berlangsungnya. Kalau bisa, jangan hadir di hari pertama ataupun terakhir. Berdasarkan pengalaman, penuhnya minta ampun. Dan setelah diperhatikan (berdasarkan observasi), ternyata biasanya barang-barang yang dijual masih cukup memiliki stock paling tidak sampai hari ketiga. Dengan melihat jam berlangsung, anda juga menghindari datang terlalu awal sehingga anda kelamaan menunggu,  atau datang terlalu akhir sehingga situasi sudah sangat ramai.
  • Siapkan fisik. Kecuali anda orang yang biasa tidur larut malam, cobalah untuk tidur 2-3 jam sebelum berangkat menuju sale. Setelah itu makan malam agar nanti anda lebih bertenaga dan satu hal penting : Anda tidak perlu membuang waktu untuk makan malam di pusat perbelanjaan tersebut. Ingat, waktu Anda terbatas.
  • Kenakan perlengkapan ‘tempur’ yang paling sesuai. Tidak disarankan untuk menggunakan high heels ataupun pakaian berlapis-lapis. Flat shoes atau sendal jepit adalah syarat utama. Anda tidak perlu dapat bonus keram betis setiap habis midnite sale kan? Mengingat waktu yang terbatas dan pertempuran dalam mengantri kamar pas bisa cukup melelahkan emosi kita, maka disarankan untuk memakai baju kaos ketat plus rok dan legging. Anda bisa langsung mencoba baju yang dipakai di area depan kamar ganti yang cukup tertutup tanpa harus membuka seluruh baju anda di ruang ganti.
  • Perhatikan tatanan rambut dan wajah anda. Rambut tidak perlu di salon dulu karena selain nanti akan rusak juga dikarenakan berulang kali membuka-memakai baju, keberhati-hatian anda supaya rambut tidak rusah  membuat anda jadi butuh waktu lebih lama untuk memasukkan kepala anda ke dalam baju. Pony-tail is the best hair-do!  Make-up berlebih terutama penggunaan foundation dan lipstik sangat tidak disarankan, mengingat nantinya bisa merusak barang yang ingin anda beli, terutama baju berwarna putih, apabila menempel di situ. Intinya, tetap tampil cantik tapi jangan berlebihan.
  • Selalu tanyakan semua aturan main yang berlaku di customer service atau petugas yang ada, sebelum anda berbelanja, sehingga anda bisa bersiap-siap. Contohnya adalah kartu kredit apa yang mendapat diskon, di mana tempat penukaran hadiah, dan lain-lain,  sehingga anda tidak bertanya panjang lebar baru ketika sudah sampai di depan cashier, yang akan membuat kesal pembelanja yang mengantri di belakang anda.
  • Cek dulu masa berlaku dan limit kartu kredit anda atau kartu debit anda. Hal ini untuk mencegah transaksi anda ditolak ketika di-swipe di mesin. Selain anda sudah capek mengantri dan ditolak, anda juga akan merasa malu pastinya. Yang terbaik adalah menggunakan uang cash karena selain terhindar dari resiko di atas, anda juga terhindar dari jerat utang yang bisa mencekik anda akibat kalap berbelanja melebihi jatah belanja bulanan anda.
  • Gunakan dan optimalkan layanan yang ada di pusat perbelanjaan tersebut. Selalu bandingkan satu penawaran dengan penawaran lainnya. Kadangkala suatu penawaran hanya berlaku untuk merk tertentu. Kalau pusat perbelanjaan tersebut menyediakan kopi gratis bagi pengunjung yang disponsori suatu merk kopi, jangan sampai anda tidak mengambilnya. Kalau anda menggunakan mobil pribadi dan pusat perbelanjaan tersebut menyediakan jasa valet parking, sangat disarankan untuk menggunakannya karena dijamin anda akan merasa sangat lelah untuk berjalan ke parkiran sambil menenteng semua belanjaan anda.
  • Bawa selalu handphone, blackberry, atau music player anda. Mengantri kamar pas atau di depan cashier bisa jadi hal yang membosankan, terutama kalau sudah mengajak teman, tapi dia masih sibuk mencoba dan minta kita untuk mengantri duluan. Menyebalkan yah. Anda tidak bisa selalu mengandalkan teman di dalam suasana kurang menyenangkan bukan? Hehe.
  • Memahami etiket dan aturan yang berlaku. Midnite sale banyak disertai sindrom tidak taat pada aturan. Mencoba sepuluh baju sekaligus dan banyak yang tidak mengerti tata cara mengantri. Bukankah selama masa non midnite sale banyak pusat perbelanjaan menetapkan maksimal 3 pasang sekali mencoba? Kenapa banyak yang melanggar bahkan petugas pun tidak memberikan masukan kepada orang seperti itu. Selain itu dalam hal antri, banyak orang mengantri langsung di depan pintu masing-masing kamar pas, hal ini terasa tidak adil karena ada yang sudah mengantri sangat lama namun masuknya belakangan karena orang yang di dalam mencoba pakaian 10 pasang. Etika antri yang benar sebaiknya berada lurus di satu barisan, sehingga begitu ada kamar pas yang terbuka, orang yang lebih dulu berada di barisan alias orang yang paling depan lah yang berhak masuk duluan.
  • Membawa bekal secukupnya. Kudapan seperti permen atau coklat dapat membantu kita untuk lebih rileks ketika mengantri dan menenangkan emosi terutama berhadapan dengan orang yang tidak mengerti aturan mengantri ataupun orang yang membawa baju berlebihan ke dalam kamar pas. Membawa air putih dalam jumlah wajar juga membuat kita tidak dehidrasi dan tidak membuang waktu untuk mencari minum.

Demikian tips dari saya. Selamat mengikuti midnite sale berikutnya.

One response to “Tips Ikut Midnite Sale..

  1. Wah… Dapet info lengkap nih. Ternyata suka ikut2 midnite sale toh mba Essy.. Hehe… Boleh bbm ak dunk mba kalo ada midnite sale lagi…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s