Pengunduran Diri yang Cantik

Diterjemahkan dari tulisan Randall S. Hansen, Ph.D.

Apakah saat ini anda sedang mempersiapkan diri untuk resign (mengundurkan diri) dari pekerjaan anda sekarang? Beberapa orang melalui waktu yang sulit untuk melakukannya, selain karena mereka menyukai pekerjaan atau rekan kerja mereka, ada juga yang sudah tidak tahan dengan pekerjaannya dan ingin segera pindah.

Aturan pencarian kerja yang paling penting untuk diingat ketika anda mengundurkan diri dari pekerjaan apapun adalah anda tidak meninggalkan kesan negatif – jika memungkinkan. Kejujuran, etiket dan profesionalisme harus tetap anda tampilkan. Jadi jika anda ingin mencerca bos atau rekan kerja anda, jangan lakukan. Dan jangan menghabiskan waktu untuk menyombongkan peluang baru anda kepada rekan kerja anda. Pencarian pekerjaan adalah proses yang lucu dan anda tidak akan pernah tahu suatu saat nanti anda bisa saja bekerja sama dengan mantan supervisor anda, rekan kerja, atau perusahaan diakibatkan oleh merger atau kondisi lain.

Jadi ketika anda sudah siap untuk mengumumkan pengunduran diri anda, bagaimana anda membuat transisi yang halus dari perusahaan sekarang ke perusahaan yang baru? Sekali lagi anda harus bersikap profesional dan mengikuti peraturan perusahaan. Secara spesifik, anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Timing. Berikan waktu notifikasi yang cukup. Standar notifikasi yang umum adalah dua sampai dengan empat minggu. Tapi anda perlu memeriksa kembali buku Peraturan Perusahaan anda apabila ternyata perusahaan anda mengharapkan masa pemberitahuan yang lebih lama atau lebih singkat.
  • Negosiasi. Pastikan anda mendapatkan penyelesaian yang adil mengenai sisa gaji, sisa cuti, dan pembayaran komisi atau kompensasi lain yang menjadi hak anda.
  • Merekrut pengganti. Tawarkan bantuan kepada perusahaan sekarang untuk mencari pengganti anda.
  • Memberikan pelatihan. Secara sukarela berikan training kepada pengganti anda untuk menunjukkan bagaimana pekerjaan tersebut.
  • Tetap bekerja. Jangan menghilang di minggu terakhir anda bekerja. Tetaplah menjadi anggota kelompok yang aktif. Hindari melakukan pemotongan jam kerja atau bergabung dengan rekan-rekan kerja yang cenderung berpikiran negatif dan  mereka yang selalu mengalami ketidakpuasan.
  • Menyelesaikan tugas. Pastikan anda menyelesaikan semua pekerjaan anda dengan baik dan memberikan catatan progress pekerjaan yang masih berlangsung kepada supervisor atau rekan kerja anda.
  • Meninggalkan. Sebelum anda pergi, pastikan anda memiliki nomer kontak supervisor dan rekan-rekan kerja yang penting sebagai jaringan anda dan juga untuk mengucapkan terima kasih atas kerjasama mereka selama ini.

Berikut beberapa issue lainnya yang perlu anda persiapkan ketika anda mengumumkan pengunduran diri anda.

  • ‘Digiring’ keluar dari gedung. Dalam beberapa industri dan profesi (seperti sales), ketika seorang karyawan resign, perusahaan akan langsung meminta karyawan tersebut untuk pergi saat itu juga. Persiapkan kemungkinan ini dengan membersihkan file personal dan menghapus software pribadi dari komputer anda, menghapus informasi pribadi dan menyingkirkan benda-benda pribadi, serta merapikan area kerja anda.
  • Perasaan bersalah yang diberikan oleh boss atau rekan kerja anda. Hal ini umumnya terjadi apabila anda meninggalkan lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, rekan kerja anda mungkin saja merasa iri dan akan cenderung membuat anda merasa bersalah. Dan betapa pun hebatnya atasan anda, kadang ia dapat membuat anda merasa bersalah karena telah ‘membelot’ dari tim anda. Cobalah untuk mengabaikan hal ini dan berusahalah membuat minggu terakhir anda menjadi menyenangkan dan tetap profesional.
  • Counter-offer untuk membuat anda tetap tinggal. Waspadalah terhadap penawaran dari perusahaan anda. Bagaimanapun hal itu telah membuat ego anda merasa terpuaskan, banyak penasihat karir menyarankan untuk menolaknya sebab penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang menerima tawaran kembali dari perusahaannya tidak akan bertahan lama. Apakah perusahaan mengakuinya atau tidak, dedikasi anda akan dipertanyakan. Dan sekali itu terjadi, waktu anda di perusahaan tersebut menjadi lebih terbatas. Lebih baik menolak tawaran  tersebut secara bijaksana dan fokus terhadap pekerjaan baru yang ditawarkan perusahaan baru anda.
  • Menjalankan exit interview. Di beberapa perusahaan, anda akan diminta untuk melalui exit interview yang diadakah oleh HRD. Berhati-hatilah dan bersikaplah profesional. Beberapa perusahaan ingin mengetahui sebab sebenarnya anda resign. Namun berhati-hatilah dan jangan memutuskan hubungan dengan mengatakan hal-hal yang negatif atau picik.

2 responses to “Pengunduran Diri yang Cantik

  1. sebenarnya saya ingin mempersiapkan diri untuk resign tapi belum ada pekerjaan baru, jadinya harus ditunda lagi..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s