Cangkir atau Kopi?

Saya sangat menyukai cerita ini, diterjemahkan dari sebuah sumber di milis HR Community bertanggal 6 Juli 2010

Sebuah kelompok alumni, yang sudah mencapai kemapanan dalam karir, pergi bersama-sama untuk mengunjungi profesor universitas mereka yang sudah tua.

Percakapan tiba-tiba mengarah ke dalam bentuk keluhan mengenai stress dalam pekerjaan dan kehidupan.

Profesor pun menawarkan kopi. Ia pergi ke dapur dan kembali dengan seteko besar kopi dan beraneka ragam cangkir keramik, plastik, kaca, kristal. Beberapa cangkir tersebut terlihat sederhana, beberapa terlihat mahal dan sangat indah. Profesor kemudian mempersilakan tamunya untuk mengambil sendiri kopinya.

Ketika semua mahasiswanya sudah memegang secangkir kopi di tangannya, profesor berkata : “Jika kalian memperhatikan, semua cangkir yang terlihat bagus dan mahal sudah diambil, meninggalkan yang terlihat sederhana dan murah. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Semua orang menginginkan yang terbaik untuk dirinya, yang merupakan sumber dari semua permasalahan dan stress. Apa yang kalian inginkan sebenarnya adalah kopinya, bukan cangkirnya, tapi secara sadar kita semua ingin memperoleh cangkir terbaik dan sibuk melihat pada cangkir orang lain.”

“Jika hidup ini adalah kopi maka pekerjaan, uang dan posisi / jabatan adalah cangkirnya. Mereka hanyalah wadah untuk mempertahankan dan berisikan kehidupan itu sendiri , tapi kualitas dari kehidupan itu sendiri tidak berubah. Kadangkala, dengan hanya berkonsentrasi pada cangkirnya, kita gagal untuk menikmati kopi di dalamnya.”

Jadi, jangan biarkan dirimu diarahkan oleh sekedar cangkir. Nikmatilah kopimu!

One response to “Cangkir atau Kopi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s